Setiap tahun baru Imlek umat manusia menyambut kedatangan dewa rezeki. Pada tahun ini, sesuai petunjuk dari Suhu, dewa rezeki yang turun ke bumi adalah Dewa Erlang dan datang dari arah Selatan. Ritual untuk menyambut dewa Erlang dilaksanakan pada hari raya tahun baru Imlek. Sebelumnya hendaknya melakukan ritual space cleansing. Ritual ini adalah untuk membersihkan chi rumah/ pekarangan agar manusia yang tinggal di atasnya ada rezeki. Tradisi space cleansing (di Bali disebut mecaru), rutin dilakukan pada menjelang hari raya. Berikut ini disajikan sarana dan urutan persembahyangan. Ingat setiap Perayaan Imlek memakai baju merah yang baru.

Sarana Ritual

  1. Siapkan meja yang menghadap Selatan untuk menyambut dewa rezeki. Sarana persembahan adalah: Semangka utuh, Nanas yang masih ada jambulnya, Buah peer, Jeruk Mandarin, Tiga cangkir teh manis, Apem China atau apem jajanan pasar di meja dan untuk di bawah, di bumi dan wadahi selayaknya, Madu dan gula-gula, masakan dengan daging ayam, arak atau minuman anggur dan Bunga.
  2. 21 dupa/ hio di meja dan untuk masing-masing orang atau anggota keluarga. Siapkan tempat untuk menancapkan dupa di pintu masuk rumah.
  3. Air suci yang diletakkan di altar, mohonkan restu kepada dewa-dewa rezeki yang dipuja tahun ini.
  4. Syarat Imlek tahun ini adalah melepas burung ke alam bebas, kalau acara ritual bersama, boleh satu burung, bukan per orang, tapi per kelompok.

Posisi Dewa Imlek 2018

Tata Laksana Ritual

  1. Waktu acara persembahyangan dimulai pagi hari sampai malam sebelum jam 12 malam.
  2. Anggota keluarga yang ikut bersembahyang memakai hio/ dupa 21 batang. Setelah selesai sembahyang dupa diletakkan di samping pintu masuk rumah.
  3. Arah dan urutan persembahyangan dimulai dari:
    a.    Barat Laut dewa Shou,
    b.    Barat dewa Bumi,
    c.    Barat Daya dewa Langit,
    d.    Selatan dewa Erlang,
    e.    Tenggara dewa Fuk,
    f.    Pusat sektor dewa Luk.
    g.    Contoh do’a:  Ya dewa Shou, hadirlah di rumah kami dan anugerahkanlah kepada kami restu rezeki, kekayaan, kemakmuran dan kebahagiaan yang langgeng”. Boleh do’a seputar rezeki bukan yang lain sebab hanya dewa yang berhubungan dengan rezeki yang akan diundang kehadirannya.
  4. Selanjutnya lepaslah burung.
  5. Penutup, dari air suci percikkan ke kepala 3x dan minum 3x.
  6. Setelah acara selesai, ambil makanan dari persembahan dan makan bersama-sama dengan penuh suka cita.

13 Pantangan Dalam Menyambut Hari Raya Tahun Baru Imlek

  1. Jangan mengucapkan, kata-kata seperti; Miskin, Hilang, Rusak, Sakit, Mati, Hantu, Habis, kalah dan kata-kata lainnya yang tidak baik atau yang mengandung arti negatif.
  2. Saat membawa gelas, mangkuk dan piring atau barang pecah belah harus lebih berhati-hati agar menghindari jatuh, gelas, mangkuk dan piring tersebut sehingga pecah. Jika tidak sengaja hal itu terjadi (pecah), maka orang-orang yang ada di sekitarnya harus segera mengucapkan beberapa kata keberuntungan untuk menutupinya. Contoh kata-kata tersebut misalnya; wah rezeki sedang turun kepada kita.
  3. Hari Pertama Tahun Baru Imlek, tong beras (tempat menyimpan beras) tidak boleh kosong untuk menghindari terjadinya kelaparan sepanjang tahun ini.
  4. Pantangan untuk menyiram air, menyapu, membuang sampah di hari Imlek. Hal ini memiliki arti untuk mengumpulkan rezeki dan harta. Jika kegiatan menyiram, menyapu dan membuang sampah dilakukan berarti membuang rezeki dan harta yang telah dikumpulkan maupun yang akan dikumpulkan.
  5. Pantangan untuk menagih hutang atau membayar hutang, karena keberuntungan akan hilang baik bagi penagih utang maupun peminjam sepanjang tahun ini.
  6. Tidak memperbolehkan orang lain untuk mengambil sesuatu dari kocek anda untuk menghindari pada tahun yang baru semua harta dan rezeki diambil atau direbut oleh orang lain.
  7. Pantangan untuk melayat orang yang meninggal dunia.
  8. Pantangan untuk memotong rambut, karena memotong rambut pada saat merayakan Tahun Baru Imlek sering dikaitkan dengan pemakaman.
  9. Pantangan untuk membunuh, karena membunuh merupakan penyebab dari musibah atau bencana dan perang.
  10. Pantangan untuk minum obat untuk menghindari penyakit dan sakit-sakitan pada tahun yang baru ini dan sering minum obat sepanjang tahun.
  11. Anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh mengunjungi rumah orang tuanya pada hari pertama Tahun Baru Imlek. Kunjungan biasanya dilakukan pada hari kedua Tahun Baru Imlek. Hal ini dilakukan karena biasanya akan banyak kunjungan tamu di keluarga Suami (rumah mertua) jadi harus membantu untuk melayani tamu-tamu di rumah mertuanya.
  12. Pantangan untuk tidak makan bubur di Tahun Baru Imlek dan harus makan nasi, karena pada jaman dulu bubur adalah makanan orang miskin, ini memiliki arti dengan memakan nasi pada Tahun Baru Imlek maka akan membawa rezeki dan menghindari kemiskinan di sepanjang tahun baru ini.
  13. Pantangan untuk didesak atau dibangunkan orang saat sedang tidur, hal ini untuk menghindari desakan oleh orang lain sepanjang tahun baru ini.

Demikianlah kita merayakan Tahun Baru Imlek yang bermakna serba beruntung. Semoga berguna bagi Anda pembaca Indofengshui.com. Share isi website ini, alangkah bagusnya kalau semua orang beruntung.

Segenap Management dan karyawan mengucapkan selamat Hari Raya Imlek tahun 2018 bagi pembaca. Semoga semua beruntung.

Salam bahagia…
Suhu dan Master Anda

Simbol Keberuntungan 2018 dan Tiga Koin Rejeki
 

Cek toko online kami www.wariga.com

Atau kunjungi Galeri kbcbali.com yang menyediakan berbagai simbol Feng Shui, Spiritual dan berbagai perhiasan.
Jl. Tegal Harum No. 7, Denpasar, Bali.
Telp. 0361.467092

Google map