pakelemFeng shui adalah mengadaptasi berbagai aspek alam lingkungan di mana feng shui itu dipraktikkan. Di Nusantara, para leluhur, nenek moyang telah mengajarkan pakelem atau larungan ke laut. Dalam sastra dikatakan laut adalah sumber segala kekayaan yang ada di atas bumi (Sad Kerthi – SegaraKerthi). Salah satu pintu rezeki adalah menghormati alam lingkungan yaitu salah satunya adalah menghormati laut. Pakelem atau Larungan adalah wujud bakti dan sukur kepada alam serta agar selalu mendapat berkah rezeki dalam kehidupan. Selain memohon agar lautan tenang, di mana lautan tenang di sanalah ada rezeki. Kalau yang jauh dari laut bisa melakukannya di sungai yang akhirnya menuju laut.

kambojaPohon bunga Kamboja/ Jepun, di Bali ditanam di rumah,  pura, dll.. Jepun adalah penarik/ menciptakan chi dan memurnikan chi buruk yang ada di lingkungan. Untuk di perumahan Jepun Cendana (bunga kekuningan) baiknya di Timur/ Tenggara. Timur dalam atribut sektor adalah pertumbuhan kekayaan dan Tenggara adalah sektor rezeki (mudah menemukan mata pencaharian). Jepun bunga merah di Barat Daya untuk keharmonisan rumah tangga agar keluarga berlimpah makanan. Bunga putih (Jepun Bali) di Timur Laut untuk hubungan sosial yang baik.

Di satu waktu sering kita menghadapi pengalaman nasib sial terus-menerus, ‘facing bad experiences’,. Semisal anggota keluarga kena rampok, sang anak berkelahi dan harus dirawat di rumah sakit. Ibu kena tipu di pasar atau bahkan kecopetan. Belum lagi ada anggota keluarga kena kecelakaan. Seperti tidak ada habisnya dan sering silih ganti dalam satu rumah. Ada-ada saja sialnya.

Simbol Kura-kura dekat pintu utamaYang terburuk kadang uang habis begitu cepat pada hal gaji tinggi dan sebelumnya cukup-cukup saja. Tidak ada masalah. Pokok, ada saja pengeluaran yang harus dibiayai.

Kemungkinan yang membuat nasib sial terjadi adalah karena pintu utama rumah, atau pintu yang dipakai paling sering keluar masuk ke dalam rumah sedang mendapat Chi buruk. Dalam feng shui ada yang disebut dimensi waktu di mana setiap 12 tahun sekali pintu depan atau pintu utama rumah mendapat kunjungan bintang yang membawa Chi buruk, yang menyebabkan berbagai kesialan yang menimpa anggota keluarga serta yang menempati rumah tersebut.

pindah-rumahCeklah KUA pada Tools lalu temukan arah keberuntungan Anda seperti Seng Chi sampai Fu Wei. Sedang Ho Hai sampai Cheuh Ming adalah arah kemalangan. Ada aturan praktik Feng shui bagi yang pindah rumah agar beruntung.

Contoh hasil pencarian KUA Mr. A adalah:

Anda lahir : 1 - 1 - 2030
Jenis kelamin : pria
Kua anda: 7

Sudut hilang terjadi karena tanah atau pekarangan yang tidak simetris. Atau kalau digambarkan tidak berbentuk kotak. Pada setiap arah yang disajikan bisa dilihat pada tulisan Sudut Hilang dengan tanda cawang di atasnya. Praktek Feng shui mengacu pada tanah untuk bangunan adalah simetris, namun susah mendapat tanah yang simetris kecuali itu adalah tanah kapling. Namun feng shui juga memberi solusi untuk mengatasi sudut hilang seperti pada artikel berikut ini.

Setiap arah membawa keberuntungan berbeda dan apabila ada sudut hilang pada arah tertentu, berarti rumah tidak memiliki keberuntungan arah tersebut. Berikut adalah solusi arah atau sudut hilang untuk masing-masing arah primer atau arah utama.

Timur – Akumulasi Aset

Kalau terjadi sudut hilang di sektor Timur maka yang terpengaruh paling pertama adalah Putra Sulung dalam suatu keluarga. Sudut hilang di sektor Timur menyebabkan:  Masalah kesehatan yang buruk pada organ dalam yaitu hati, kemudian kaki dan lengan. Juga mempengaruhi umur panjang. Pengaruh lainnya adalah pergerakan atau pertumbuhan kekayaan yang tidak bisa menaik atau bertambah. Walau banyak hasil tetapi tabungan atau aset tidak bertambah. Secara umum Timur adalah sektor yang mewakili nasib baik dan kesehatan pada umumnya.

Solusi sudut hilang di arah Timur adalah: Bangunlah kolam yang diisi 8 ikan merah dan 1 ikan hitam. Di dekat kolam pajang simbol Naga dan simbol Garuda yang berguna menciptakan keberuntungan. Simbol Kodok kaki tiga yang dipajang di dalam rumah adalah untuk mengundang rezeki uang masuk ke dalam rumah.