Feng shui adalah mengadaptasi berbagai aspek alam lingkungan di mana feng shui itu dipraktikkan. Di Nusantara, para leluhur, nenek moyang telah mengajarkan pakelem atau larungan ke laut. Dalam sastra dikatakan laut adalah sumber segala kekayaan yang ada di atas bumi (Sad Kerthi – Segara Kerthi). Salah satu pintu rezeki adalah menghormati alam lingkungan yaitu salah satunya adalah menghormati laut. Pakelem atau Larungan adalah wujud bakti dan sukur kepada alam serta agar selalu mendapat berkah rezeki dalam kehidupan. Selain memohon agar lautan tenang, di mana lautan tenang di sanalah ada rezeki. Kalau yang jauh dari laut bisa melakukannya di sungai yang akhirnya menuju laut.

Siapa yang harus dihormati di laut?. Yaitu Dewa Baruna pada umumnya dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul (bedakan dengan Nyi Roro Kidul), atau Ratu Pantai Selatan. Siapa sebenarnya Ibu Ratu Pantai Selatan?. Beliau adalah titisan dari Ibu Dewi Durga dan dikenal dalam sastra sebagai Segarasantana yang membawa berkah keselamatan di laut (memiliki pasukan gaib paling banyak bernama Nirsarimayu) dan berkah rezeki, sebab Ibu Ratu mendapat restu juga dari Dewi Lakshmi dan Dewa Wisnu. Sementara itu di pantai Utara yang berkuasa adalah Ibu Gusti Ratu Mayang Segara, yaitu dalam kedudukan adalah sama memberi berkah keselamatan dan rezeki.

Nyi Roro Kidul dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul tidaklah sama. Nyi Roro Kidul adalah bala ancangan yang diizinkan memakai gelar Nyi Roro Kidul, di mana umat banyak salah kaprah dan memohon kepada Beliau. Tetapi setelah mendapat rezeki yang bersangkutan kerap menjalani kehidupan yang tidak soleh dan terjerumus ke lembah nista serta tidak sedikit malah mengalami kehidupan yang hancur dan bahkan mengalami kematian.

Larungan atau pakelem dalam hal ini yang dipersembahkan adalah jajanan pasar, buah serba hijau, kelapa hijau dan kembang setaman (campur) namun di isi bunga melati kesenangan Gusti Kanjeng Ratu Kidul.

pakelem
Waktu Larungan atau pakelem adalah setiap hari Kamis Umanis/ Kamis Legi malam tanpa putus. Atau tidak pernah absen pada setiap hari tersebut. Sarannya janganlah hanya memohon rezeki tapi mohon juga keselamatan wilayah tempat tinggal sampai Negara.

Semoga bermanfaat.

Hari ini tanggal 28/09/2017 adalah Kamis Umanis/ Kamis Legi.

 

Feng Shui dan Astrologi
Feng Shui dan Astrologi

Sisi baik pengaruh astrologi Dari naskah astrologi feng shui. dari para praktisi astrologi dan biksu yang pernah ditemui mengatakan bahwa mudah untuk mencapai kekayaan apabila bisa menyatukan shio-shio yang termasuk serangkai.

Dalam perjalanan mengg [ ... ]

Masalah atap miring dan beda level lantai rumah
Masalah atap miring dan beda level lantai rumah

Dalam bangunan modern banyak ditemui bahwa sebuah rumah dibangun dengan atap miring yang diekpos. Kamar dengan atap miring akan membawa dampak ketidak stabilan emosi kepada penghuni kamar tesebut. Dan tidak bagus kalau kamar seperti ini dihuni oleh a [ ... ]

Manfaat Pohon Kamboja Dalam Praktik Feng Shui
Manfaat Pohon Kamboja Dalam Praktik Feng Shui

Pohon bunga Kamboja/ Jepun, di Bali ditanam di rumah,  pura, dll.. Jepun adalah penarik/ menciptakan chi dan memurnikan chi buruk yang ada di lingkungan. Untuk di perumahan Jepun Cendana (bunga kekuningan) baiknya di Timur/ Tenggara. Timur dalam atr [ ... ]

Kura-kura
Kura-kura

Binatang ini secara umum geraknya sangat lambat sehingga banyak praktisi dan member mempertanyakan mengapa kura-kura dianggap simbol penting dalam praktek feng shui.
Beberapa member menyatakan takut memelihara kura-kura nanti usaha atau karir juga  [ ... ]

Other Articles

Newsletter

Daftarkan email anda untuk mendapatkan update terkini dan artikel penting dari situs kami. Alamat email hanya digunakan untuk pengiriman newsletter saja.

Nama:
E-mail: