FENG SHUI MAKANAN

Ritual dan makanan keberuntungan


BENARKAH MAKANAN MEMBAWA PENGARUH REJEKI KEPADA MANUSIA?

Berbagai cara manusia untuk bangkit dari keterpurukan dan mempertahankan hoki. biar beruntung terus. Di Hongkong. Taiwan. Malaysia. Vietnam dan negara Asia lainnya melakukan berbagai ritual makan dan memilih apa yang dimakan secara khusus pada hari-hari tertentu. Ada satu sub feng shui yang mengatur makanan dan berkembang di dunia yaitu food feng shui.

APAKAH ITU HANYA SEBUAH SENI DALAM MENYANTAP HIDANGAN SEMATA?

Ada suatu kebiasaan yang berkembang ke seluruh dunia dan di dunia yang sudah modern. Tradisi ini berkembang dari Cina ke penjuru dunia. Tak dipungkiri bahwa peradaban dan berbagai pilosofi datang dari bangsa Cina.

Misalnya memakan hidangan mahal berupa kertas emas khusus yang sangat tipis dan diciptakan khusus untuk dimakan atau sering disebut gold leaf food yang disajikan sebagai taburan atau hiasan makanan modern. seperti coklat yang dibungkus dengan gold leaf.

Alasan dari sisi feng shui yaitu karena pada tubuh manusia mengandung lima unsur yang terus menerus berinteraksi yaitu: logam. kayu. air. api dan tanah. Lima unsur ini mempengaruhi sifat manusia. Dominasi oleh satu unsur maka sifat manusia tersebut akan dekat dengan sifat dan karakter dari unsur tersebut. Indo feng shui menyajikan sifat lima unsur dan hubungannya dengan karakter manusia. Kalau lima unsur ini mencapai keseimbangan Yin dan Yang di dalam tubuh maka kehidupan manusia tersebut akan lebih baik dan potensi diri menjadi aktif. Potensi diri yang aktif membuat manusia menjadi rejekian karena salah satu dari triniti nasib yaitu nasib manusia menjadi aktif yang berpengaruh kepada: skill. pintar. cerdas. kaya ilmu pengetahuan dan banyak keterampilan yang dikuasai.

Sifat keseimbangan disimbolkan dengan Yin adalah pasif. diam dan Yang adalah aktif. dinamis. gerak. Dalam konsep feng shui. kalau terjadi keseimbangan maka itulah harmonis dengan alam. maka rejeki adalah salah satu yang akan dinikmati. Dalam konteks makanan. dapat digolongkan kepada makanan bersifat Yin dan Yang.

Yin Foods
Makanan Yin adalah makanan ber-aroma. manis. hambar. dingin dan lembut.
Sayur dan buah: tauge. makanan rebus. kubis. kol. bunga kol. bangsa sawi. wortel. seledri. bangsa mentimun. sayuran. selada air. kentang. talas. rumput laut. produk kedelai. lobak putih. labu. ubi jalar dan bangsa makanan umbi-umbian. asparagus. rebung dan makanan putih. bangsa sayuran daun-daunan. buah-buahan. bangsa melon. pir.
Daging: bebek. babi dan bangsa daging berlemak tinggi. ikan daging putih. lele dan bangsa belut. dan bangsa daging putih.
Minuman: susu. air. madu. berbagai jus.

Yang Foods
Makanan Yang adalah berbau menyengat. pedas. asin. asam dan panas.
Sayur dan buah: bangsa cabe. paprika hijau. terong. bawang putih. jahe dan bangsa bumbu pedas. daun bawang. bangsa bawang. jamur. paprika. tomat. minyak wijen. jeruk. kacang. kesemek. bangsa buah daging berwarna. durian.
Daging: daging sapi dan sebangsanya. daging kambing dan sebangsanya. makanan dimasak panggang. makanan yang digoreng. makanan panas. ikan ikan daging merah. ayam dan sup ayam. daging berlemak. telur.kerang.
Minuman:cuka. wine. ginseng. teh. kopi.anggur. minuman keras dan beralkohol.

MAKANAN DARI SIFAT MANA SEMESTINYA DIKONSUMSI OLEH SESEORANG?

Setiap kelahiran seseorang membawa salah satu unsur dari lima unsur (air. api. kayu. logam dan tanah) dan membawa salah satu sifat dualisme Yin dan Yang. Misalnya untuk kelahiran tanggal 10 Februari 2013 – 30 Januari 2014 memiliki unsur kelahiran Air dan bersifat Yin. Jenis makanan yang berpengaruh baik bagi kelahiran ini adalah makanan dari sifat Yang.

Tetapi ada hal-hal yang mungkin Anda perlu tahu yaitu adanya ritual dalam bersantap dan menjadi suatu budaya di kalangan praktisi feng shui.

Pantang menempatkan sumpit di atas piring



Meletakkan sumpit di atas piring atau mangkok mengingatkan bahwa dalam upacara kematian bangsa Cina. hio atau dupa diletakkan mirip seperti ini sebagai tanda berduka atau kematian. Arti dari meletakkan sumpit seperti ini adalah ‘kematian’. selebihnya dianggap tidak sopan dan tidak bijaksana. Rumah makan Cina atau Jepang biasanya telah menyediakan tumpuan ujung sumpit.

Jumlah piring yang genap
Dalam suatu acara makan-makan di restaurant atau di rumah. dalam penyajian makanan biasanya menghindari jumlah piring yang ganjil. Jumlah piring yang ganjil biasanya hanya diterapkan dalam upacara suguhan terakhir kepada yang meninggal di rumah duka atau di kuburan.

Jumlah piring yang disajikan dalam suatu jamuan oleh bangsa Cina selalu berjumlah genap karena jumlah genap adalah sifat Yang (hidup) sementara ganjil adalah Yin (mati). Aturan ini berlaku pada saat penyajian pertama. setelahnya kalau menambah makanan pada saat makan sedang berjalan. bukanlah suatu pantangan.

Tradisi makan mie dan pilosofi makan mie


Mie yang berbentuk strip panjang oleh bangsa Cina disimbolkan sebagai perjalanan hidup yang panjang. Ini berarti pula sebagai ciri atau simbol dari umur panjang. kebahagiaan yang langgeng. kemakmuran yang langgeng. kalau disantap bersama pasangan hidup pertanda hubungan yang langgeng. Oleh karenanya santapan mie seolah-olah menjadi menu sehari-hari bagi bangsa Cina. Tetapi secara khusus ada acara makan mie sebagai suatu ritual yang diadakan pada saat seseorang ulang tahun atau pada perayaan tahun baru Imlek.

Karena ada simbolisme yang serba langgeng maka pada saat makan mie sehari-hari ataupun pada acara ritual ada suatu tradisi untuk tidak memotong strip mie yang panjang pada saat makan. Kalau memotong mie pada saat makan dianggap sebagai mengurangi umur. memotong kemakmuran dan pengurangan hal yang bernilai positif.

Tetapi pantangan memotong mie apabila dipotong oleh sumpit. garpu ataupun sendok. Tidak berlaku kalau dipotong dengan gigi.

Tradisi makan ikan
Ikan dalam feng shui disimbolkan sebagai perahu. atau kapal dagang kekayaan. Kapal dagang sudah tentu membawa berbagai barang berharga seperti emas. perak. berlian dan lain-lain yang serba berharga. Dalam suatu cerita dikatakan bahwa hanya ikan yang tidak merasakan sakit dalam hidupnya. Cerita lainnya yaitu. di antara sekian ikan yang ada. hanya ikan karper yang mampu melawan arus deras karena gigih. ulet dan berhasil menyeberangi gerbang naga. selanjutnya ikan tersebut mendapat anugrah kehidupan luar biasa. Tetapi diceritakan pula bahwa ikan karper yang gagal menyeberangi gerbang naga mempunyai tanda hitam di dahinya.

Hal ini selanjutnya menjadi suatu kepercayaan dan tradisi memakan ikan agar terbebas dari keadaan yang menyakitkan dalam kehidupan. Agar gigih dan ulet dalam perjuangan serta mencapai sukses dalam kehidupan.

Dalam restauran Cina yang mengerti pilosofi ikan. jarang menyajikan ikan dalam bentuk potongan-potongan. Bahkan dalam memasak. ikan tidak dibolak-balik dalam proses memasak sebab artinya membalikkan perahu atau kapal dagang kekayaan. Demikianpun pada saat makan. pantang untuk membagi satu ikan kepada yang lain dan ini berarti memberikan sebagian rejeki kepada orang lain.

Tradisi minum teh

Minum teh menjadi sangat mewah dan penuh ritual di Cina dan Jepang. Ada waktu khusus dan teh khusus yang konon sangat disenangi kalangan bangsawan dan kaisar. Hal ini bermula dari suatu kisah pesta di masa lalu di dataran Cina. Sudah menjadi tradisi di seluruh negeri akan adanya pesta jamuan makan pada hari-hari istimewa. Terkadang untuk mengamati kemakmuran suatu wilayah diketahui dari aneka ragam dan banyak masakan yang disajikan. Untuk mengetahui keadaan negeri. dikisahkan sang kaisar menyamar sebagai masyarakat biasa.

Alkisah pada suatu jamuan makan besar di suatu wilayah sang kaisar ikut menikmati berbagai hidangan yang disajikan sampai kekenyangan. Namun pada kali ini salah seorang dari yang hadir mengenali penyamaran sang kaisar. setelah diumumkan kepada yang hadir semua berlutut. Karena sang kaisar sudah kekenyangan. disajikanlah minuman teh dalam enam cawan Cina yang cantik sebagai ucapan terimakasih atas kehadiran kaisar dalam acara tersebut. Sejak saat itu. teh disajikan dalam berbagai jamuan sebagai ucapan terimakasih yang tertinggi.

Perkembangan selanjutnya. dalam setiap ritual disajikan enam cawan teh manis sebagai bentuk terimakasih pada altar-altar pemujaan kepada para Dewa.

Untuk berbagai kepentingan praktek feng shui mencapai kemakmuran. cari tahu unsur kelahiran Anda. sifat Yin dan Yang mempengaruhi unsur lahir hubungkan dengan berbagai keadaan. Kuasai tiga kondisi siklus 5 unsur dengan baik.

Kalau ada orang tidak suka kerja di lapangan namun mencapai keadaan karir yang sukses. dapat dipastikan ia mestilah kelahirannya membawa sifat Yin. Demikian pula sebaliknya. orang dengan sifat Yang lebih suka kerja ke luar kantor. Cek shio dan sifat shio Anda.

Salah Feng Shui Bisa Sakit Serius
Salah Feng Shui Bisa Sakit Serius

Pernahkan anda menghitung biaya kesehatan yang anda keluarkan setiap tahunnya? Dalam dunia modern atau yang hidup dengan gaya hidup modern. mereka membeli asuransi kesehatan dengan harga ribuan dolar pertahun. Kenapa mereka melakukan itu? Apa p [ ... ]

Apakah kegembiraan anda menghilang?
Apakah kegembiraan anda menghilang?

Kesedihan adalah panah beracun dalam pikiran yang mampu menekan pikiran positif menjadi hancur-hancuran. Kesedihan adalah bahaya laten yang mampu membuat seseorang tambah terpuruk. Apapun sumber dan bentuk kesedihan itu benar-benar harus diperangi.  [ ... ]

Tahayul
Tahayul

Keajaiban Banyak kejadian besar terjadi di dunia ini. Kalau yang menguntungkan disebut keajaiban. Kalau yang merugikan disebut bencana. Kita tentu senang mendengar kalau itu menguntungkan. Dan berharap kejadian menguntungkan itu menghampiri kita seb [ ... ]

Feng Shui Keselamatan
Feng Shui Keselamatan



Dengan tingkat mobilisasi yang tinggi adalah faktor yang menyebabkan kemungkinan terjadi kecelakaan di jalan. Pekerjaan yang beresiko menyebabkan terjadi kecelakaan. Bahkan kerja di rumah sendiri bisa juga mendapat satu kecelakaan.

Namun kenapa sekel [ ... ]

Other Articles